Senin, 03 September 2018

[SOP] Teori Cara Merakit Komputer

     SOP Teori Merakit sebuah Komputer, Saat merakit sebuah komputer dibutuhkan ketelitian dan kesabaran untuk menghindari Kecelakaan yang akan terjadi pada saat merakit komputer.

Saat merakit sebuah komputer, anda hendaknya jangan mengabaikan beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain :
1. Jangan tergesa gesa atau terburu buru.
2. Jangan gugup dan takut.
3. Jangan panik dan gelisah.
4. Jangan salah pasang perangkat dan salah tingkah.

Dalam merakit komputer sebenarnya tidak diperlukan keahlian khusus, hanya saja ada dua hal yang perlu diperhatikan sebelum merakit sebuah komputer yaitu fisik dan mental. Jangan lupa alat dan bahan bila terdapat perangkat terkendala atau bermasalah, alat tersebut antara lain;
                 a.   Repair Tool Kit     c.   Buaya Stanley     e.   Tenol      g.   Kabel Cosco
                 b.   Soldering              d.   AVO meter          f.    Isolasi    h.   Note

Beberapa Komponen yang akan dipasang pada sebuah CPU komputer :
                 1.   Casing              5.   Processor            9.   Kabel IDE/SATA
                 2.   Power Supply   6.   Hard disk            10.  VGA Card
                 3.   Motherboard     7.   RAM                   11.  Lan Card
                 4.   HeatSink          8.   CD/DVD ROM    12.  Sound Card( Bila belum Onboard )

Kesehatan dan Keselamatan Kerja
1. Berdoalah sebelum melakukan suatu kegiatan.
2. Gunakan alas kaki yang terbuat dari karet : untuk menghindari aliran listrik ketubuh bila terjadi sengatan listrik.
3. Bacalah dan Pahami betul petunjuk yang diberikan praktikum disetiap lembar kegiatan.
4. Hindari tangan berkeringat maupun basah, Bawalah tisu kering untuk berjaga jaga.
5. Kalian bisa sejenak menggosokkan tangan kebagian badan casing CPU : untuk menghilangkan Listrik Statis.
6. Sebelum dan Sesudah kegiatan hendaknya menjaga kebersihan ruang dan tempat.
7. Mempersiapkan alat perlengkapan untuk kegiatan yang dilakukan.

LANGKAH KERJA : Merakit sebuah Komputer

Langkah 1 :
     "Ambil Motherboard dan letakkan ditempat yang aman, semisal : pada alas busa untuk sebuah Motherboard.
Langkah 2 :
     "PROCESSOR"
Pasanglah processor pada tempatnya (socket), Perhatikan bahwa prosesor yang anda miliki kompatibel dengan soket yang terdapat pada motherboard karena terdapat perbedaan listrik, mekanik, dan kunci. Petunjuk ini mengasumsikan bahwa prosesor dan heatsink dan bahan pengaplikasian termal pabrik diterapkan ke bagian wadah pendingin kipas"."Instruksi ini berlaku untuk processor LGA1150/LGA1155/LGA1156 sekaligus Heatsink, karena terdapat kesamaan pada proses penginstalannya".

"Perhatikan Ilustrasi Pemasangan Processor berikut" :

          a. Dorong tuas ke bawah unclip (1) dan angkat (2).

          b. Buka Pelat beban.
 
          c. Lepaskan penutup pelindung dari pelat beban. "Jangan membuang penutup pelindung".  Selalu ganti penutup soket jika prosesor dilepaskan dari stopkontak pada motherboard.

          d. Jangan menyentuh kontak soket atau bagian bawah processor.

          e. Pegang prosesor dengan ibu jari dan jari telunjuk. Pastikan ketebalan soket sejajar dengan takik prosesor. Turunkan prosesor perlahan lurus ke bawah, tanpa memiringkan atau menggeser prosesor di stopkontak. Perlahan lepaskan prosesor, pastikan terpasang dengan benar di stopkontak.

          f. Tutup pelat beban dengan jari tangan. Tekan ke bawah pada pelat beban, tutup dan lepaskan tuas soket.

          g. Setelah itu, letakkan kipas pendingin ( Heatsink ) pada motherboard dengan cara ; selaraskan pengencang melalui lubang, sejajarkan pengencang melalui lubang dengan benar, atau anda akan beresiko merusak bagian bawah pengencang. Hati hati jangan sampai merusak material antarmuka termal yang menempel dibagian bawah kipas pendingin ( Heatsink ).

           h. Tekan ke bawah dibagian atas masing-masing pengencang dalam pola alternatif, seperti ditunjukkan dibawah ini, sambil menahan kipas pendingin ( Heatsink ) ditempat. Anda harus mendengar bunyi "klik" saat menekan, penekanan pengikat dengan cara menyilang, semisal 1 ke 2 dan 3 ke 4. Perlahan tarik ke atas setiap pengikat untuk memastikan keempat pengencang dipasang dengan kencang. Pengikat yang tidak terikat mencegah segel yang baik antara wastafel dan prosesor kipas anginnya, yang dapat mengakibatkan pengoperasian prosesor yang tidak baik dan tidak dapat diandalkan.

          i. Sambungkan konektor kabel kipas 4-kawat prosesor ke header kipas CPU 4-pin .
( Soket kabel kipas 4-kawat prosesor dapat dihubungkan ke header kipas Motherboard CPU 3-pin jika header kipas CPU 4-pin tidak tersedia ).
          j. Pemasangan processor dan kipas pendingin ( Heatsink ) selesai.

Langkah 3 :
     Pasanglah memori RAM pada tempatnya dengan baik, Sebelum memasang RAM, pastikan slot pada RAM bersih dari debu maupun yang lain. Setelah bersih, perhatikan sudut memori yang biasanya berlekuk harus ditempatkan pada tempatnya dengan hati-hati, apabila anda terbalik pada waktu memasang, maka memori tidak akan terdeteksi dan terjadi kerusakan pada slot-nya.

Langkah 4 :
     Masukkan Motherboard kedalam casing CPU. Biasanya Motherboard berada di sisi kanan casing CPU bila dilihat dari depan CPU. Buatlah motherboard tersebut ditempatkan pada casing CPU dengan menggunakan baut sehingga casing CPU dan motherboard menyatu.
Langkah 5 :
     Setelah memasang motherboard ke casing CPU, pastikan Power Supply sudah terpasang terlebih dahulu pada CPU. Selanjutnya, Masukkan Kabel Power Supply AT/ATX pada motherboard dan masukkan juga Kabel Molex dari konektor AT/ATX 12v atau 4-Pin CPU dan Kabel Molex dari konektor AT/ATX 20/24-Pin ke motherboard. "Pastikan pada saat memasang perhatikan pengunci pada konektor terbalik atau tidak, jika terbalik dan terlanjur terpasang maka pengunci akan patah dan kemungkinan tidak akan terdeteksinya konektor yang telah terpasang tadi.
Langkah 6 :
     Pasang Hard Disk pada casing CPU dan kunci dengan baut.
Langkah 7 :
     Pasang Floppy Disk Drive ( bila ada ) pada casing CPU, pemasangannya cukup mudah, hanya pastikan kedudukannya dengan benar sesuai dengan tempat yang biasanya berada didepan CPU dan juga kunci dengan baut secara hati-hati.
Langkah 8 :
     Pasang CD/DVD ROM sesuai pada tempat yang biasanya berada didepan CPU atau biasanya diatas tempat Floppy Disk Drive. Pastikan terpasang dengan benar dan jangan lupa kunci dengan baut.
Langkah 9 :
     Sambungkan Kabel Moxel dari Power Supply Ke Slot Power yang terdapat pada Hard Disk, Floppy Drive dan CD/DVD ROM, pastikan konektor sesuai dengan masing-masing slot. pastikan tidak terbalik maupun tidak benar dalam pemasangan.
Langkah 10 :
     Sambungkan Kabel IDE ( ATA ) -1 atau SATA -1, dari Motherboard dulu lalu ke Hard Disk dengan menggunakan kabel data pada dudukan Hard Disk. Sesuaikan dengan yang anda punya.

Langkah 11 :
     Sambungkan Kabel IDE ( ATA ) -2 atau SATA -2, dari Motherboard dulu lalu ke CD/DVD ROM, seperti kabel yang terdapat pada Hard Disk. Sesuaikan dengan yang anda punya.
Langkah 12 :
     a. Sambungkan Kabel Floppy Disk Drive ke Slot FDD pada Motherboard.
     b. Sambungkan Kabel Moxer terlebih dahulu sebelum Kabel Floppy Disk Drive.
Langkah 13 :
     Pasang VGA Card pada Slot ( ISA, PCI dan atau AGP ) yang anda punya. "Jangan sampai salah meletakkan pada slot yang salah". Perhatikan 2 gambar dibawah ini bila tidak ingin terjadi kerusakan.
           a. Slot AGP, PCI, dan ISA


          b. Perbedaan untuk Slot PCI Express


Langkah 15 :
     Hubungkan Konektor Front Panel pada motherboard. Bila pada motherboard tidak terdapat warna seperti gambar dibawah, kuncinya hanya mencari pin yang hilang dan tinggal menghubungkan sesuai tulisan dari gambar dibawah.

Langkah 16 :
     Pasang kabel VGA dari monitor ke slot yang terpasang VGA Card ( bila anda menggunakan kabel VGA ).
Langkah 17 :
     Pasang Konektor Keyboard ke Port PS/2 atau USB.
Langkah 18 :
     Pasang Konektor Mouse ke Port PS/2 atau USB.


Langkah 19 :
     Pasangkan kabel power dari monitor ke slot power yang terdapat pada power supply atau langsung ke stop kontak tergantung kabel yang anda miliki.
Langkah 20 :
     Sebelum komputer dinyalakan, pastikan kembali semua langkah-langkah yang telah dilakukan tadi dengan baik dan benar.
Langkah 21 :
     Jika semuanya dianggap baik dan benar, Nyalakan Komputer dengan menekan tombol power pada CPU dan tombol On ( On/Off ) pada monitor.

     Terima Kasih telah berkunjung diwebsite ini, maaf bila terdapat kekurangan terhadap artikel yang telah saya buat, nantikan artikel yang akan datang yang tentunya bermanfaat, untuk itu jangan lupa like dan subscribe, website maupun channel youtube kami yang saya sediakan. Sekali lagi Terima Kasih dan Sampai Jumpa, Ale Ale Ale.

Related Posts

[SOP] Teori Cara Merakit Komputer
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Jangan lupa Like dan Subscribe, karena tanpa kalian web ini tidak ada apa apanya.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>